DFP 1 Inilah 4 Gizi Penting Selama Hamil | Kabar 7 Menit

300x600

Responsive

Inilah 4 Gizi Penting Selama Hamil

Iklan SIze 300x600
Iklan size In-article
sayur dan buah / nuga.co
sayur dan buah / nuga.co


Wanita hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sebab ketika ia hamil, bukan dirinya saja yang membutuhkan nutrisi melainkan juga janin di dalam kandungannya.
Ada empat gizi penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil sebagaimana dijelaskan dr Abu Hana el Firdan dan dr Ummu Hana el Firdan dalam buku Konsultasi Kehamilan. Berikut ringkasannya:

Asam Folat (Vitamin B9)

Wanita hamil membutuhkan vitamin B9 600 mikrogram. Asam folat terutama dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan. Asam folat ini bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, sayuran berwarna kuning gelap, brokoli, kacang merah, kacang tanah, alpukat, telur dan hati.

Zat Besi

Wanita hamil membutuhkan 30-60 miligramzat besi (Fe). Zat besi bisa didapatkan dalam daging merah, daging ayam tanpa kulit dan lemak, ikan, hati dan bayam. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh lemah karena janin akan mengambil zat besik yang dibutuhkannya dari tubuh sang ibu. Zat besi lebih mudah dicerna jika disertai dengan mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk, anggur dan strawberi.

Kalsium

Wanita hamil membutuhkan 1000 miligram kalsium. Kalsium bisa didapatkan pada susu, keju dan yoghurt. Bisa pula ditemukan pada ikan asin serta susu kedelai.

Vitamin D

Wanita hamil membutuhkan 5 miligram vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan pada kuning telur, sarden, salmon, tuna dan makarel. Vitamin D bisa pula didapatkan dari sinar matahari sebelum jam 10 pagi.
Selain empat gizi di atas, wanita hamil disarankan banyak minum air putih. Yakni sekitar 8 hingga 10 gelas per hari. Banyak minum membantu pencernaan. Sebaliknya, kekurangan cairan menyebabkan tubuh lelah dan lemah. 



Referensi :
Pirman Bahagia
[Keluargacinta.com]
Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==